31 Development Mannequin Rambut Cepak Pria Indonesia yang Keren!

Untuk pria Indonesia yang ogah ribet, mannequin rambut cepak pastinya jadi pilihan pertama ketika mampir ke barber. Selain low upkeep (alias irit shampoo, hehe), mannequin rambut pendek pria ini tak bikin kamu pusing untuk urusan penataan. Bahkan, kamu tak perlu sisir kan?

Asyiknya lagi, potongan rambut pendek pria ini cocok untuk semua tipe rambut, mulai dari lurus sampai rambut keriting sekalipun.

Tapi, tahukah kamu, potongan cepak tak cuma 1 mannequin saja, seperti potongan 1cm atau mannequin rambut cepak polisi. Ada banyak! Cek variasinya yang cocok untuk gaya rambut pria Indonesia di sini. Tunjukkan ke barber favoritmu kalau kamu nanti berencana potong rambut.

Buzz Reduce.

Frank Ocean dengan model rambut cepak buzz cut
Mannequin rambut botak pria yang contemporary dan rapi. (Foto: REX by Shutterstock)

Istilah gaya cepak buzz minimize diambil dari teknik mencukur rambut pendek pria, yaitu menghabiskan seluruh bagian rambut dan hanya menyisakan 1 hingga 2 cm. Biasanya barber tidak menggunakan attachment pada clipper saat mencukur rambut, sehingga hasilnya sangat pendek.

Potongan rambut botak ini cukup populer sebagai gaya rambut pria indonesia. Perawatannya pun tergolong mudah. Namun, kamu tetap harus hati-hati saat keluar ruangan pada siang hari. Sinar matahari bisa terasa menyengat pada kulit kepala.

Fade Buzz Reduce.

Marvin Humes dengan model rambut cepak buzz cut
Lihat bagaimana DJ ini terlihat makin keren dengan gaya rambut botak keren. (Foto: REX by Shutterstock)

Selain pangkas cepak rata, kamu juga bisa menggabungkan mannequin rambut cepak pria ini dengan fade gaya rambut pendek pria pada samping rambut. Jika dibiarkan beberapa lama, gaya rambut botak keren yang tumbuh pun masih terlihat rapi pada mannequin rambut pendek untuk pria yang satu ini.

Potongan rambut pria pendek gaya cepak
Gaya rambut cepak klasik yang keren! (Foto: Shutterstock)

Potongan rambut pendek pria a la militer ini cocok untuk pemilik rambut lurus dan populer juga untuk rambut keriting, karena membuat rambut terlihat lebih rapi.

Burr Reduce/Butch Reduce.

Pria kaukasia dengan model rambut cepak burr cut
Untuk mannequin rambut pria pendek ini, kamu tidak perlu repot memikirkan produk styling. (Foto: indigitalimages.com)

Mannequin rambut botak pria ini dikenal juga dengan nama jarhead, induction minimize, butch minimize, atau quantity 0. Gaya rambut cepak ABRI ini sangat umum dalam militer. Gayanya dapat dicirikan dari panjang keseluruhan rambutnya yang seragam. Teksturnya yang pendek bisa membuat rambutmu terasa empuk seperti karpet saat disentuh.

Pria asia dengan model rambut cepak burr cut
Mannequin rambut botak pria ini keren untuk kamu yang berkepala bulat dengan rahang tegas. (Foto: indigitalimages.com)

Di Indonesia, potongan rambut pendek pria ini kadang dinamai berdasarkan panjang rambutnya, misalnya mannequin 1 cm atau 2 cm, dan seterusnya. Sekali coba gaya mannequin rambut pria indonesia ini, kamu tak perlu pergi ke barber lagi untuk waktu yang lama! Bahkan, kamu bisa mendapatkan cukuran botak keren dengan memangkasnya sendiri di rumah.

Excessive and Tight Reduce (Gaya Rambut Cepak Tentara).

pria kaukasia dengan model rambut cepak high and tight
Gaya rambut botak khas militer! (Foto: Shutterstock)

Mannequin yang populer di kalangan Angkatan Laut Amerika ini dikenal juga dengan nama excessive regulation. Potongannya sangat rapi dan menghabiskan seluruh sisi samping dan belakang rambut tanpa ada fade atau gradasi penipisan.

Gaya rambut cepak tentara ini terbilang klasik. Kalau belum tertarik untuk gaya rambut tanpa fade seperti ini, kamu bisa pilih mannequin a la tentara lainnya, yaitu crew minimize!

Line Up/Form Up/Edge Up.

pria kaukasia dengan model rambut cepak line up
Ciri khas gaya rambut botak ini ada pada garis rambut yang tegas. (Foto: Pinterest)

Sekali lihat, kamu sudah tahu ciri khas mannequin cukur cepak ini. Ada garis tegas yang sengaja dibentuk. Kamu bisa mengombinasikan potongan rambut botak ini dengan buzz minimize atau potongan rambut tentara lainnya.

Excessive Fade.

pria kaukasia dengan rambut cepak model high fade
Penipisan mulai dari pelipis menuju tengkuk. (Foto: instagram/kevinluchmun)

Excessive fade adalah teknik pangkas cepak yang menipiskan bagian bawah dan samping. Panjang rambut mulai menipis dari pelipis hingga ke bawah. Cukuran excessive fade ini biasa dikombinasikan dengan mannequin rambut pria lainnya, seperti crew minimize, Ivy League, atau pompadour.

Mid Fade.

Undercut dengan variasi fade.
Gaya rambut fade yang gradual. (Foto: Dvora)

Merasa excessive fade gaya rambut pendek pria terlalu ekstrem? Kamu bisa coba mid fade. Rambut mulai menipis dari telinga tapi tidak sampai plontos.

Low Fade.

Side undercut fade gaya low fade.
Gaya aspect undercut dengan mannequin low fade. (Foto: Indigitalimages.com)

Versi fade paling aman untuk yang tidak suka rambut botak. Rambut yang ditipiskan hanya di bagian samping bawah. Jaraknya pun pendek, hanya sebatas telinga. Panjang rambut bagian atas bisa mengikuti selera.

Undercut.

Side undercut high top fade dengan rambut side undercut.
Ini dia mannequin rambut pria indonesia paling populer! (Foto: Shutterstock)

Salah satu gaya mannequin rambut pria yang tak pernah gagal adalah undercut. Karena itulah, fashion ini jadi gaya rambut pria Indonesia terpopuler. Sebenarnya, undercut adalah teknik memotong rambut yang digunakan untuk memberi dimensi tipis pada samping kepala.

Bagian bawah rambut dicukur pendek, dengan bagian atas dibiarkan tebal. Inilah sebabnya undercut bisa diaplikasikan pada banyak mannequin rambut, terutama pada gaya rambut pria cepak.

Undercut Fade.

pria asia dengan model rambut cepak undercut
Di Indonesia, potongan cepak ini sering disebut ‘gaya rambut pria pendek samping’. (Foto: Hariono Halim)

Kalau undercut digabung dengan fade, hasilnya adalah fashion dengan rambut panjang di atas serta rambut tremendous tipis di bagian samping dan belakang. Beda dengan undercut biasa yang terbilang lebih ‘gondrong’.

Undercut Bald Fade/Pores and skin Fade.

pria kaukasia dengan rambut undercut bald berwarna pirang tampak samping
Penipisannya sangat ekstrem hingga hampir botak. (Foto: instagram/javi_thebarber_

Gaya cukur cepak dengan variasi undercut ini sering dikombinasikan dengan potongan bald fade pada sisi rambut. Bald fade (atau sering disebut sebagai pores and skin fade) adalah istilah untuk mendeskripsikan cukuran samping dan belakang yang sangat tipis. Mannequin ini didapat dengan menggunakan clipper.

Penipisan pada cukuran fade menyisakan beberapa cm rambut. Nah, pada bald, penipisan sangat dimaksimalkan hingga hampir botak. Kalau kamu punya wajah bulat, hal ini bisa membantumu memberi dimensi panjang pada proporsi wajah.

Ingin menyesuaikan potongan rambut dengan bentuk wajah? Cek rekomendasi dari All Issues Hair.

Cepak Mohawk.

Pria Asia dengan potongan rambut cepak yang di mohawk.
Rambut cepak mohawk. (Foto: Pinterest)

Gaya mannequin rambut pria yang satu ini diadaptasi dari gaya army minimize yang rapi. Namun, ada tambahan variasi mohawk yang ditata dengan gel rambut.

Cepak Mekar.

Johnny NCT dengan potongan rambut cepak mekar.
Gaya rambut cepak mekar yang populer di TikTok. (Foto: Pinterest)

Satu lagi nih, gaya mannequin rambut pria yang sedang trending banget di TikTok. Yep, mannequin rambut cepmek alias cepak mekar! Mannequin rambut ini dipopulerkan TikTok-er bernama Alif yang suaranya mirip Dilan. Dalam videonya, Alif sering kali mendeskripsikan potongan rambutnya yang belah samping dan panjangnya yang menutupi wajah.

Nah, selain Alif, ternyata member Ok-pop boygroup NCT, yaitu Johnny, juga pernah tampil dengan potongan rambut cepmek ini! Penasaran ingin coba?

Crew Reduce.

pria kaukasia dengan model rambut cepak crew cut
Bagian atasnya cenderung rata. (Foto: instagram/the.barbers.spouse)

Crew minimize adalah potongan cepak yang tipis di bagian samping dan mulai memanjang di bagian depan. Panjangnya pun biasanya tak lebih dari 2 cm. Potongan ini juga sering disebut mannequin rambut khas tentara.

Crew minimize sebenarnya merupakan variasi dari buzz minimize. Perbedaannya ada pada panjang rambut. Pada buzz minimize, panjang rambutnya seragam. Pada crew minimize, rambut lebih panjang di bagian depan.

style rambut pendek pria cepak
Potongan rapi a la pemain sepak bola. (Foto: Shutterstock)

Gaya rambut pria pendek yang keren ini juga sering dipilih oleh para atlet dan jadi salah satu gaya rambut pria indonesia yang cukup disukai. Gaya cepak pemain sepak bola ini memiliki panjang rambut yang pas sehingga tidak terlihat membosankan.

pria kaukasia dengan model rambut cepak crew cut keriting
Crew minimize juga bisa jadi pilihan pangkas cepak untuk pria berambut keriting. (Foto: instagram/mattjbarbers)

Pemilik rambut ikal akan ‘tertolong’ oleh bentuk alami rambut yang sudah bervolume. Rambut sudah otomatis memiliki tekstur. Kamu tinggal menyisir rambut ke arah depan dan membiarkan poninya ke atas.

Ivy League Reduce.

Brad pitt dengan rambut pendek model ivy league
Potongan rambut cepak pria Ivy League a la Brad Pitt. (Foto: REX by Shutterstock)

Ivy league minimize adalah versi fashionable dari crew minimize. Bedanya hanya ada di panjang rambut. Crew minimize punya sisi samping yang lebih tipis, sedangkan Ivy League punya rambut yang lebih panjang secara keseluruhan.

Hasilnya, potongan rambut pria ini memberi dimensi pada wajah dan cocok untuk laki-laki dengan rahang tegas. Beberapa aktor dan Ok-pop idol juga sering terlihat menggunakan gaya rambut Korea ini.

Cameron Dallas dengan model rambut cepak Ivy League
Bagian rambut yang panjang di atas kepala dan disisir ke samping membuatmu makin keren. (Foto: REX by Shutterstock)

Mannequin rambut pria yang satu ini bisa kamu andalkan untuk acara-acara formal. Plus, fashion ini termasuk dalam salah satu mannequin rambut pria yang disukai wanita!

Fashion rambut pendek pria ini cukup versatile, karena bisa dibentuk untuk berbagai gaya. Meskipun cepak, rambutnya yang cukup panjang bisa kamu tata dengan gel atau wax. Penataannya cukup minimal, kamu hanya perlu menyisirnya dengan gaya acak, atau menggunakan wax seperti Axe Excessive Maintain Matte Wax.

Konsistensi wax yang padat dapat memberi tekstur pada rambut, sekaligus membuat penampilan rambutmu terlihat tak berminyak.

Pria kaukasia dengan model rambut cepak ivy league
Selain gaya messy, gaya slick again juga cocok pada mannequin rambut cepak ini. (Foto: Indigitalimages.com)

Mau tampil rapi dan kimis? Cukup gunakan pomade atau gel, lalu sisir rambut ke belakang untuk gaya slick again.

Caesar Reduce.

gaya rambut pendek pria french crop
Padukan dengan French crop. (Foto: Shutterstock)

Mannequin potongan rambut pria ini adalah perpaduan French crop dan cepak. Gayanya cocok untuk kamu yang ingin coba gaya rambut pendek tetapi tidak ingin terlihat seperti potongan rambut militer.

Pria kaukasia dengan model rambut cepak high and tight keriting
Punya rambut keriting? Tidak masalah! (Foto: Indigitalimages.com)

Karakter alami rambut keriting yang megar saat panjang bisa disiasati dengan gaya rambut ini.

French Crop.

Model pria dengan french crop
Mannequin French crop yang versatile. (Foto: Indigitalimages.com)

French crop sekilas mirip seperti Caesar minimize, karena punya konsep taper fade atau undercut dengan tatanan rambut di bagian atas. Masih bingung dengan perbedaan antara Caesar minimize dan French crop? Ini 3 hal yang jadi perbedaan utamanya.

  • Panjang poni. Caesar minimize punya poni yang sangat pendek, sementara French crop lebih panjang.
  • Teknik guntingan pada poni. Caesar minimize punya poni yang cenderung rata. Poni yang lebih panjang pada French crop punya guntingan yang lebih bervariasi, mulai dari textured hingga chop.
  • Penipisan di bagian samping rambut. Penipisan atau gradasi di samping rambut pada Caesar minimize lebih ekstrem dibanding French crop.
Gaya rambut bertekstur French crop.
Potongan rambut pria ini punya aksen poni depan. (Foto: Shutterstock)

Kalau kamu punya bentuk wajah panjang, poni depan pada potongan French crop ini membantu wajah terlihat lebih proporsional.

Pria asia dengan model rambut French crop
Potongan rambut pria andalan para selebriti. (Foto: Shutterstock)

Enaknya nih, mannequin French crop bisa dipilih oleh kamu yang berambut lurus atau ikal. Dengan mannequin ini, keduanya jadi gampang diatur.

Bowl Reduce.

Undercut dengan potongan rambut bowl cut.
Gaya rambut edgy ini menggabungkan potongan crop dan disconnected. (Foto: Dvora)

Kalau kamu senang bereksperimen, kamu bisa mencoba mannequin rambut bowl minimize ini. Potongan rambut pria bak mangkuk ini benar-benar memangkas sisi bagian samping ke bawah, dan hanya menyisakan rambut bagian atas.

Flat High.

pria kaukasia dengan rambut cepak flat top
Rata di bagian atas. (Foto: Pinterest)

Mencerminkan namanya, bagian atas potongan rambut ini rata. Bayangkan saja sikat gigi atau Guile dari recreation Avenue Fighter, hehe. Mannequin rambut ini pertama kali populer di period 60-an. Mannequin klasik ini cenderung cocok bentuk wajah kotak, karena semakin menonjolkan fitur garis wajah.

pria kulit hitam dengan rambut cepak flat top
Jangan salah, pemilik rambut keriting juga terbantu dengan potongan rata atas ini. Jadi lebih rapi! (Foto: instagram/dannyandcobarbers)

Kalau kamu punya rambut keriting, mungkin awalnya kamu akan sedikit kesulitan menatanya. Pastikan kamu selalu sedia wax atau pomade dan sisir bergigi rapat.

Spiky.

model rambut pria pendek spiky
Kalau rambut atasmu sudah panjang, mannequin ini seru untuk dicoba. (Foto: Shutterstock)

Sesuai namanya, mannequin spiky memiliki ujung rambut yang meruncing. Gaya rambut ini merupakan versi tender dari mohawk. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, kamu tak butuh potongan atau teknik guntingan khusus.

Kamu cukup minta barber untuk menggunting rambutmu dengan bagian atas yang lebih panjang, bisa itu Ivy League atau crew minimize. Gunakan produk styling seperti pomade untuk menata ujung rambutmu.

Jangan lupa untuk keramas dengan bersih tiap kali pakai produk styling. Salah satu produk favorit kami adalah CLEAR MEN 3-in-1 Energetic Clear. Praktis banget, karena ada 3 produk dalam 1 kemasan: shampoo, tonik, dan sabun. Bersihnya menyeluruh dan nutrisinya maksimal!

Spiked Edgar.

Seorang pria latin dengan potongan rambut spiked edgar yang unik.
Coba tampil lebih pede dengan potongan rambut spiked edgar. (Foto: haircutinspiration.com)

Edgar minimize juga dikenal dengan potongan rambut jigrak pria yang disebut takuache asal Meksiko. Populer banget di kalangan pria muda Latin. Ciri khas potongan rambut ini adalah bagian samping yang sangat tipis serta bagian atas rambut yang dibiarkan tebal dengan sentuhan poni depan pendek di atas alis.

Rambut jigrak pria yang satu ini sangat cocok untuk segala jenis rambut, mulai dari lurus hingga keriting. Cukup tata rambutmu dengan gaya spiky yang acak-acakan menggunakan gel rambut. Meski berantakan, rambut jigrak pria ini bisa menciptakan kesan gaya rambut yang easy.

 

Sudah ketemu mannequin yang cocok? Jangan lupa tag kami di Instagram ya dengan foto #hairoftheday dengan mannequin rambut rambut cepak pilihanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *